4 Metode Cek Pembayaran Pelanggan untuk Bisnis Online

Share:

4 Metode Cek Pembayaran Pelanggan untuk Bisnis Online – Cek pembayaran pelanggan adalah satu langkah yang harus dilalui dalam kegiatan bisnis online. Langkah ini untuk memastikan bahwa pelanggan sudah melakukan proses pembayaran sesuai dengan kesepakatan.

Dalam bisnis online, umumnya pemilik layanan akan mulai mengirimkan barang atau mengerjakan pesanan jika pelanggan sudah melakukan pembayaran, baik DP maupun full. Hal ini juga bentuk melindungi pemilik usaha dari kerugian jika suatu saat si pelanggan membatalkan pesananya.

Dalam proses cek pelayanan pelanggan, ada beberapa metode yang digunakan. Mulai dari pengecekan manual bisa juga menggunakan mutasi online.

Bagaimana sih metode cek pembayaran pelanggan, dan bagaimana cara cek mutasi bank online untuk pengecekan pembayaran pelanggan? Berikut ulasanya.

Metode Cek Pembayaran Pelanggan

Berikut adalah beberapa cara yang digunakan untuk mengecek pembayaran pelanggan pada bisnis online.

Pengiriman Bukti Transaksi

Ini adalah salah satu cara yang sudah cukup tradisional untuk metode pengecekan pembayaran pelanggan. Cara ini dilakukan dengan mengirimkan bukti transaksi dalam bentuk foto/screen capture  untuk kemudian di kirimkan kepada pemilik bisnis online.

Dari pihak pemilik usaha nantinya juga akan mencocokkan bukti transaksi dari pelanggan dengan rekeningnya, jika sudah cocok maka proses pembelian atau layanan akan dilanjutkan. Namun ada beberapa pelaku bisnis online yang cukup menggunakan bukti transaksi saja tanpa melakukan pengecekan manual pada akun rekening.

Cara pengecekan seperti ini masih memiliki banyak kelemahan, misalnya jika ada banyak pelanggan yang melakukan pembayaran pada hari yang sama maka pemilik usaha harus mengecek satu persatu dalam rekeningnya dan mencocokkan. Hal ini cukup membuat rancu jika tidak terorganisir dengan baik.

Bukti transaksi dari pelanggan menjadi hal penting untuk para pemilik bisnis untuk menghindari penipuan

Dari segi waktu, jika transaksi pembayaran cukup banyak, melakukan pemeriksaan ganda seperti ini akan memerlukan waktu yang lebih lama karena proses pencocokan bukti transaksi dengan rekening masih dilakukan secara manual.

Pun dari proses pelayanan juga kurang efisien, karena menunggu pelanggan mengirimkan bukti transaksi, proses pengiriman barang/pengerjaan baru dilakukan. Padahal hal ini rawan sekali jika pelanggan lupa mengirimkan bukti transaksi.

Proses pengecekan pembayaran ini rawan penipuan, karena banyak penipuan terjadi dengan mengirimkan bukti pembayaran palsu dengan cara mengedit foto agar terlihat mirip dengan aslinya dan bertindak seolah-olah melakukan pembelian/pemesanan. Jika pemilik layanan tidak teliti, hal ini akan membawa kerugian untuk bisnis.

Baca Artikel : Ilmu Memutar Uang untuk Keuntungan Maksimal

Menggunakan Virtual Account

Virtual Account atau VA adalah salah satu teknologi pembayaran yang saat ini banyak digunakan oleh pebisnis online.

Apakah ini sama dengan nomor rekening biasanya? VA berbeda dengan nomor rekening biasa, karena untuk memperoleh nomor VA, pemilik usaha harus melakukan pendafataran di Bank untuk kemudian pihak bank akan memberikan nomor VA kepada pemilik usaha.

Bagaimana cara kerja VA, kok bisa digunakan sebagai pengecekan pembayaran bukti transaksi?

Bertransaksi menggunakan VA, tidak hanya memberikan kemudahan kepada pelanggannya karena mudah dan cepat dilakukan, namun pemilik layanan juga dimudahkan dengan memperoleh informasi jika transaksi sudah dilakukan.

Pelanggan juga tidak perlu memberikan bukti transaksi layaknya transaksi manual seperti biasanya, sehingga semua informasi pembayaran sudah tertera secara otomatis.

Proses penggunaan Virtual Account adalah sebagai berikut:

  1. Pemilik usaha memberikan nomor virtual akun beserta invoice kepada pelanggan
  2. Pelanggan melakukan transaksi menggunakan nomor VA tersebut
  3. Jika transaksi berhasil dilakukan maka pihak pemilik usaha akan memperoleh notifikasi sehingga bisa langsung mengerti bahwa pelanggan tersebut sudah melakukan pembayaran.

Dalam transaksi menggunakan VA, nomor kode yang diberikan kepada pelanggan juga berbeda-beda  dan ini dilakukan secara otomatis, sehingga dalam hal bukti pembayaran, akan langsung terlihat jelas informasi pembayarannya jadi proses identifikasi juga lebih mudah.

Kelemahan dari VA ini adalah ia dilakukan menggunakan sistem yang sudah diatur, namun jika terjadi kegagalan sistem bisa membuat transaksi menjadi rancu, misalnya jika pembaran sudah dilakukan, saldo sudah terpotong namun dari pihak pemilik usaha tidak mendapatkan konfirmasi pembayaran sehingga ini membuat prosesnya lebih panjang lagi.

Juga metode pembayaran ini, masih banyak belum menjangkau pelaku usaha menengah ke bawah.

Cek Mutasi Bank

Pengecek pembayaran pelanggan selanjutnya adalah menggunakan mutasi bank. Mutasi bank adalah fitur dari bank yang diberikan untuk melacak setiap transaksi yang masuk dan keluar di bank tersebut.

Nah metode ini bisa digunakan untuk melacak pembayaran pelanggan bisnis online. Untuk beberapa pelaku usaha yang belum menggunakan sistem pembayaran/transaksi Virtual Account, pengecekan pembayaran otomatis tetap bisa dilakukan, yaitu menggunakan cek mutasi online.

Cek mutasi bisa saja dilakukan melalui ATM, bank, mbanking, atau internet banking. Hanya saja untuk bisnis, hal ini kurang efektif jika mutasi dicek melalui ATM, mbanking ataupun bank. Sebab, pengecekan mutasi dengan cara di atas cukup terbatas dan waktu yang dikeluarkan juga lebih banyak untuk pengecekan bank.

Sedangkan jika menggunakan mbangking, tentunya lebih terasa sulit karena tampilan yang terbatas.

Anda bisa melakukan pengecekan mutasi dengan mudah dan cepat menggunakan aplikasi cek mutasi bank Mutasi Kita.

Hadir dengan berbagai fitur yang memudahkan Anda melakukan cek mutasi, pun bisa diakses di berbagai perangkat, baik website (dektop) maupun smartphone (mobile aplikasi).

Fitur yang cukup populer dari Mutasi Kita adalah Anda bisa melihat hasil mutasi tanpa ada batasan. Pun bisa digunakan untuk mengecek mutasi dari beberapa rekening yang berbeda baik dari bank sejenis maupun bank yang lain.

Pun dari dari akun Mutasi Kita, Anda bisa menambahkan admin lain untuk melakukan pengecekan transaksi. Tentunya hal ini dilakukan secara aman.

Pengecekan pembayaran pelanggan bisa lebih mudah dan cepat untuk bisnis online, sehingga proses selanjutnya juga cepat selesai.

Bantu cek transaksi yang masuk dan keluar dalam rekening Anda dengan aplikasi Mutasi Kita.

Cross Verification

Ini adalah metode pengecekan pembayaran yang banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar dimana menggunakan sistem untuk memastikan pembayaran pelanggan.

Ketika menggunakan metode ini, sistem akan membaca informasi tentang informasi rekening, seperti nama bank, alamat dan nomor telepon.

Pengecekan cross verification ini dilakukan untuk menghindari penipuan atau kesalahan dalam proses pengecekan dan lain sebagainya.

Baca Artikel : Metode Keamanan Enkripsi yang digunakan Mutasi Kita

Kesimpulan

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengecek pembayaran pelanggan, yaitu

  1. Pengiriman buki transaksi
  2. Menggunakan Virtual Account
  3. Pengecekan dengan Mutasi bank
  4. Cross Verification

Tentukan satu metode pengecekan yang tepat untuk bisnis online Anda. Cek data transaksi masuk secara otomatis menggunakan Mutasi Kita, didukung dengan fitur cek mutasi yang lengkap dan mudah dipahami membantu pengecekan pembayaran pelanggan jadi lebih cepat. Download sekarang juga!

Related Posts

Bukti Transkasi Yang Wajib Di Ketahui Oleh Para Pemilik Bisnis

Bukti Transkasi Yang Wajib Di Ketahui Oleh Para Pemilik Bisnis – Berbisnis saat...

5 Investasi Yang Cocok Bagi Fresh Graduate Yang Baru Gajian

5 Investasi Yang Cocok Bagi Fresh Graduate Yang Baru Gajian – Hai, Fresh...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website

Subscribe to Mutasi Kita Update

Dapatkan update terbaru dari Mutasi Kita berupa informasi penting, tips menarik, promo, dan beberapa postingan menarik!