Anak Kos Wajib Tau, Mengelola Keuangan Ala Anak Kos!

Share:

Anak Kos Wajib Tau, Mengelola Keuangan Ala Anak Kos! – Umur 20 tahun pasti banyak yang sudah berpisah dengan keluarga dan memilih untuk tinggal sendiri dengan cara ngekos. Ngekos memiliki manfaat yang positif karena membuat anak mandiri, namun dibalik kata mandiri ada anak kos yang pastinya pernah mengalami krisis keuangan, bisa karena kiriman dari orang tua telat atau uang habis sebelum waktunya. Menjadi anak kos memang banyak plus minusnya. Berikut adalah cara mengelola uang untuk anak kos agar uang bisa cukup sampai akhir bulan.

Membuat Rincian Pengeluaran per Bulannya

Menjadi anak kos baik mendapatkan uang dari orang tua maupun sudah gajian, pastinya harus mengetahui rincian pengeluaran per bulannya. Jika kamu sudah mulai ngekos, kamu harus mulai merinci berapa pengeluaran yang kamu gunakan perbulannya. Dari hasil rincian ini tentunya kamu bisa melihat prioritas dan berapa banyak yang dikeluarkan.

Jika sudah mengerti rincian kebutuhan perbulan kamu bisa mengerti berapa uang yang harus kamu keluarkan perminggunya sehingga tidak ada kata kehabisan uang sebelum akhir bulan. Mengerti pengeluaran membuatmu lebih bisa menahan diri dan hemat dalam mengeluarkan uang. Bayangkan jika kamu tidak mengetahui rincian keuanganmu pastinya akan langsung belanja banyak hal dan ngirit di akhir bulan.

Baca : Kesulitan Menabung? Lakukan 10 Tips Berikut Ini!

Memasak

Salah satu cara hemat yang harus dilakukan anak kos adalah memasak. Percayakah kamu jika memasak mengemat uang sampai setengahnya. Misalnya uang makan kamu perminggu Rp. 100.000 dengan jenis makanan beli, jika memasak sekali belanja untuk seminggu kamu bisa habis Rp. 50.000 sampai Rp 60.000.

Aplikasi cek mutasi

Untuk kamu anak kos yang mau hemat, cara ini cocok untuk anak kos yang bekerja jadi bisa hemat dan akhir bulan tetap bisa menabung. Misal uang makan perhari Rp. 30.000 jika untuk Memasak bisa digunakan untuk membeli bahan yang awet untuk 2 hari sedangkan apabila membeli hanya bisa digunakan untuk 2 sampai 3 kali makan.

Memasak memang cukup menyulitkan untuk anak kos khususnya anak kos mahasiswa yang banyak waktunya untuk belajar dan aktivitas kampus, namun untuk pekerja bisa mudah dilakukan yaitu memasak sebelum bekerja.

Katakan NO Pada Jasa Laundry!

Uang pas pasan dan tiap minggunya menggunakan jasa laundry? Pantas saja uangmu sering habis di akhir bulan. Tidak terasa jasa laundry ini cukup membuatmu boros, perminggu mengeluarkan Rp. 15000 sampai Rp. 20000 memang tidak berasa namun jika dikumpulkan dalam sebulan bisa mendekati Rp 100.000 untuk laundry saja.

Akan lebih baik kamu mencuci bajumu sendiri karena bisa mengehemat banyak uang, namun sesekali menggunakan laundry juga tidak masalah kok saat waktumu sangat sibuk.

Membayar Tepat Waktu Perbulannya

Mengelola uang anak kos memang sangat menyulitkan apabila uangnya terbatas, di awal bulan harus membayar ini itu. Membayar semuanya di awal bulan memang terasa berat namun kamu bisa lebih tenang lho! Tidak ada tanggunggan dan tagihan lagi. Di awal bulan bayarkan untuk listrik, kos, wifi atau yang lainya. Rinci dengan baik agar tidak terlewat.

Jika tidak disisihkan di awal bulan, pembayaran ini akan terasa berat dan uangmu bisa jadi sudah digunakan untuk hal lain. Jadi sebelum semuanya menumpuk lebih baik segera sisihkan dan bayarkan.

Menabung

Menabung adalah kegiatan rutin tiap bulannya. Sisihkan uangmu untuk menabung agar kamu memilki uang simpanan jika dibutuhkan pada saat-saat tertentu. Kamu bisa memilih menabung perhari atau perbulan yang terpenting tabunganmu bisa menumpuk. Menabung ini adalah kebiasaaan, jadi biasakan menabung mulai dari sekarang, percayalah menabung itu lebih aman dan banyak memiliki manfaat. Menabung bisa dilakukan dengan niat, tanpa niat yang besar menabung akan terasa sulit jadi buat target berapa besar yang akan kamu tabung setiap bulannya jadi begitu mendapatkan uang kamu akan langsung menyisihkannya.

Mengumpulkan Uang Receh

Semua orang tentunya tau uang receh jika dikumpulkan bisa memiliki nominal yang besar. Kumpulkan uang receh dari kembalian belanja, memnag tidak akan terasa hanya Rp. 500 atau Rp. 1000 saja namun jika dikumpulkan akan memiliki nominal besar yang cukup digunakan untuk membeli keperluan lainya. Mengumpulkan uang juga merupakan kebiasaan, sehingga dalam praktiknya membutuhkan niat.

Barang dengan Harga Mahal Namun Awet

Langkah penghematanbukan berarti tidak membeli barang-barang yang kamu butuhkan ya! Namun usahakan membeli barang yang benar-benar berkualitas agar memiliki jangka waktu pakai yang panjang. Jika membeli barang murah, barang akan cenderung cepat rusak sehingga kamu harus membeli lagi. Barang-barang yang bisa mendukung kehidupanmu adalah alat masak ataupun kebutuhan di kamar kos.

Pantau Uang Dalam Rekening

Anak kos selain menjaga uang cash juga harus menjaga uang dalam rekening. Seperti uang masuk maupun uang keluar di rekening. Agar bisa memantau transaksi rekening kamu bisa menggunakan aplikasi mutasi kita, dimana banyak sekali fitur seperti mengecek mutasi kapan saja dan dimana saja. Bahkan aplikasi ini bisa dihubungkan dengan aplikasi e-commerce jadi saat kamu belanja dan membayarnya bisa tercatat dengan baik disini. Tentunya setiap transaksi keluar maupun masuk akan mendapatkan notif dari aplikasi cek mutasi yaitu Mutasikita.co.id jadi aplikasi ini cocok sekali untuk anak kos yang harus menjaga pengeluarannya dengan baik.

Related Posts

Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Melakukan Kredit

Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Melakukan Kredit – Kredit adalah salah satu...

Cek Mutasi Bank Jateng
Kenapa Kebiasaan Menabung Harus Di Biasakan?

Kenapa Kebiasaan Menabung Harus Di Biasakan? – Menabung adalah salah satu hal yang...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website

Subscribe to Mutasi Kita Update

Dapatkan update terbaru dari Mutasi Kita berupa informasi penting, tips menarik, promo, dan beberapa postingan menarik!