Baru Gajian? Lakukan Tips-Tips Berikut Untuk Menghemat Uang Belanja

Share:

Belanja bulanan seringkali menjadi suatu kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Hal-hal yang diperlukan antara lain peralatan mandi, perawatan wajah, bahan makanan dan minuman,  dan lain sebagainya. apalagi siapapun termasuk anda pasti memiliki kebutuhan yang beragam yang bukan hanya primer namun juga sekunder. Oleh karena itu anda harus menyiapkan budget. Sebab budget inilah yang akan menentukan intensitas belanja setiap bulan. Sebaiknya kontrol diri anda untuk tidak belanja berlebihan. Apalagi jika anda memiliki budget yang terbatas. Anda perlu berhemat dan pandai mengatur belanja bulanan untuk mencukupi kebutuhan satu bulan.

Kondisi keuangan anda ditentukan oleh bagaimana anda mengelola keuangan. Anda juga perlu melakukan perencanaan keuangan dengan mengatur berapa pengeluaran anda dari penghasilan anda setiap bulannya. Anda juga perlu mengetahui dari mana saja sumbernya. Jika anda hanya memiliki penghasilan tetap tanpa memiliki penghasilan tambahan, maka menghemat menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan dengan menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran. Namun apabila pengeluaran anda lebih banyak, anda perlu mencari sumber lain untuk menambahkan penghasilan.

Namun apabila anda masih kesulitan untuk mengatur pengeluaran dan belanja bulanan, anda bisa mulai menerapkan tips-tips berikut ini yang berguna untuk mengontrolnya :

  • Gunakan Sistem 31 Amplop untuk Berhemat

Metode 31 Amplop ini pertama kali dicetuskan oleh Syukri Muhammad Syukri. Mungkin metode ini terkesan klasik, namun ternyata cukup efektif untuk dicoba. Supaya anda menjadi sosok yang bertanggungjawab terhadap uang belanja, sipakan 31 lembar amplop kosong untuk memulai sistem ini.  

Selanjutnya, anda perlu menyiapkan uang penghasilan bulanan anda terlebih dahulu dan masukkan ke amplop sesuai kebutuhan seperti bayar cicilan, bayar uang kontrakan, bayar tagihan listrik, beli beras sebulan, uang bensin, tabungan untuk dana darurat, dan lain-lain. Tulis mulai dari 1-31 di amplop untuk tanggal belanja dan masukkan masing-masing nominal yang dibutuhkan. Uang sisanya bisa digunakan untuk menabung di rekening bank atau investasi.

  • Jangan Selalu Pilih yang Bermerk

Menggunakan barang bermerk memang bisa menjadi kebanggan tersendiri. Apalagi ketika sedang ada promo dan diskon dengan berbagai penawaran menarik dari berbagai merk terkenal. Godaan untuk memiliki barang tersebut menjadi semakin kuat. Namun hal ini tanpa sadar membuat anda menjadi semakin konsumtif. Semakin konsumtif, anda akan semakin boros dan tanpa sadar akan mengeluarkan lebih banyak uang anda. Oleh karena itu, sebaiknya mulailah untuk tidak selalu memilih merk untuk suatu barang. Hal ini bisa dimulai dengan mengurangi jalan-jalan ke mall atau pusat perbelanjaan. Boleh saja sesekali anda lakukan. Namun alangkah baiknya anda membeli produk tak bermerek namun punya fungsi sama dan kualitas yang tidak jauh berbeda.

Baca : Pentingnya Mengelola Keuangan Dengan Cek Mutasi Rekeningnya 

  • Buatlah Bahan Makanan Tahan Lama dengan Penyimpanan yang Baik

Perhatikan kembali tempat penyimpanan makanan anda. Jangan sampai anda membuang-buang makanan hanya karena penyimpanan yang tidak baik. Oleh karena itu, anda perlu menyimpan makanan dengan benar supaya bahan makanan tetap awet seperti menyimpannya di lemari beras, lemari es atau wadah kedap udara. Hal ini ternyata dapat membantu anda menghemat uang belanja bulanan

  • Buat Daftar Menu Makanan Mingguan

Menjadikan hal ini menjadi kebiasaan sepertinya layak dicoba. Siapa tahu jadi prinsip yang menyelamatkan hidup. Iya, dengan membuat daftar menu makanan mingguan. Makan di luar memang nikmat. Namun tidak ada salahnya untuk masak sendiri sesuai dengan daftar menu makanan mingguan tersebut. Menerapkan pola makan yang tidak baik akan menciptakan pola belanja yang tidak baik pula. Kita juga akan terhindar dari membuang-buang bahan makanan.

  • Catatlah Rencana Belanja dan Simpanlah Nota Pembelian

Sebelum berbelanja, sebaiknya catat terlebih dahulu apa yang harus dibeli. Hal ini supaya tidak membuat anda keteteran dan malah tergoda beli yang lain. Catatlah sesuai kebutuhan primer dan sekunder. Anda juga dapat mengetahui kebutuhan anda dengan menempel catatan di lemari atau kulkas, dan isi catatan dengan baran apa yang sudah habis. Supaya ketika anda tiba di pusat perbelanjaan, anda tidak

Eits, anda juga perlu mengontrol keuangan lho. Cara mudahnya adalah dengan menyimpan bon belanja. Dengan demikian, anda bisa membandingkan harga bulan ini dan bulan lalu. Anda juga akan tahu tempat beli produk tersebut yang lebih murah yang mana.

  • Catat Uang Pengeluaran dan Pemasukan

Meskipun sebelumnya, anda telah membuat rencana bulanan dan telah menghitung pengeluaran belanja tersebut, anda juga harus mencatat pengeluaran setiap kali anda belanja. Bisa jadi, harga barang yang anda belanjakan akan memiliki nominal yang berbeda. Dalam hal ini, harga tersebut bisa kurang, bisa juga melebihi yang sudah direncanakan. Catatan ini bisa anda gunakan untuk mengelola keuangan, juga memastikan anda memiliki budget yang cukup untuk sebulan kedepan.

  • Lihat dan Bandingkan Sebelum Membeli

Belilah produk dalam jumlah yang banyak. Pilih produk yang dengan harga yang lebih murah dengan membelinya dalam jumlah yang banyak. Alangkah baiknya, anda juga mengganti makanan kebiasaan anda dengan makanan yang lebih bermanfaat. Contohnya, anda terbiasa membeli daging, anda bisa menggantinya dengan makanan berprotein seperti telur, tahu, tempe, dan lain-lain. Meskipun daging itu nikmat, namun tidak baik untuk kesehatan dan harganya juga lebih mahal.

Selain itu, anda juga perlu membandingkan harga di satu toko dengan toko lainnya. Contohnya, toko A sayuran lebih murah daripada toko B. Namun pembersih lantai, dan kebutuhan rumah tangga lainnya lainnya di toko B jauh lebih murah. Nah, anda dapat mengunjungi dua toko tersebut untuk mendapatkan barang-barang yang anda butuhkan. 

tips mengelola keuanganmu
  • Hindari Penggunaan Kartu Kredit Saat Belanja

Penggunaan kartu kredit juga terkadang menggoda. Anda bisa mendapatkan barang impian dengan cepat meskipun belum memiliki budget yang cukup. Namun yang perlu anda sadari, menggunakan kartu kredit dapat membuat anda menjadi over budget atau belanja yang tidak terkontrol. Menggunakan kartu kredit juga dapat menambah tagihan bulanan anda. Hal ini disebabkan oleh sistem bayar nanti alias pembayaran anda untuk barang yang anda beli dengan kartu kredit tersebut menjadi hutang anda di bulan depan. Alhasil anda harus menyiapkan uang cicilan tambahan untuk bayar hutang tersebut. Hayo lho, pusing, bukan? Ketika anda sudah memiliki cicilan lain, anda juga memiliki cicilan kartu kredit. Penghasilan anda mungkin cukup banyak. Namun uang juga bisa berkurang seiring berjalannya waktu. Akhirnya terjadilah dompet tipis jauh sebelum hari gajian berikutnya.

Solusinya, gunakan uang tunai untuk belanja apapun. Tentu saja dengan membawa uang secukupnya dan melakukan investasi sebelum berbelanja.

Jadi, sudahkah anda mengelola keuangan dengan baik? Jika belum, anda perlu mulai melakukan tips-tips sederhana tersebut. Jangan lupa untuk selalu cek mutasi rekening anda melalui aplikasi Cek Mutasi dari www.mutasikita.co.id untuk selalu memantau kondisi keuangan. Dengan selalu  mengetahui kondisi keuangan, anda jadi lebih mudah mengelola keuangan.

Info Artikel : Belum Gajian? Yuk, Kelola Keuangan Dengan Tips-Tips Berikut Ini! 

Related Posts

Yuk Kita Rencanakan Keuangan Mulai Umur 20-an

Yuk Kita Rencanakan Keuangan Mulai Umur 20-an – Banyak orang yang mengatakan di...

Siapkan Syarat Ini Agar Pengajuan Pinjaman Bank Segera Di Acc

Siapkan Syarat Ini Agar Pengajuan Pinjaman Bank Segera Di Acc – Bank adalah...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website

Subscribe to Mutasi Kita Update

Dapatkan update terbaru dari Mutasi Kita berupa informasi penting, tips menarik, promo, dan beberapa postingan menarik!