Pentingnya pengelolaan keuangan untuk organisasi

Bendahara Organisasi, Ini Cara Tepat Mengatur Keuangan Organisasi!

Share:

Bendahara Organisasi, Ini Cara Tepat Mengatur Keuangan Organisasi! – Siapa dulu yang pernah menjadi anak organisasi? Pasti semua tau anak organisasi memiliki tujuan dan proker yang harus dilakukan dan juga harus dituntut mandiri termasuk dalam hal pengadaan acara dari perencanaan, keuangan sampai hari H-acara. Dengan banyaknya acara organisasi pastinya harus diimbangi dengan pengaturan keuangan yang rapih dan terstruktur, jika tidak, siap-siap organisasi kamu diselidik di waktu pertanggungjawaban acara. Namun jangan risau karena disini akan dijelaskan mengenai cara mengatur keuangan organisasi yang baik. Apa sajalah itu?

Tips 1. Tentukan seseorang yang tepat dalam mengurus keuangan

Di dalam organisasi pasti ada satu bagian keuangan, atau biasa kia kenal dengan istilah bendahara yang memiliki tugas mengatur keuangan organisasi baik keuangan masuk maupun keluar. Satu hal utama untuk mengatur keuangan organisasi adalah menentukan seseorang yang tepat dahulu untuk diberi amanah mengatur keuangan.

Seseorang yang disebut bendahara ini memiliki tanggung jawab dan kewenangan mengatur keuangan organisasi jadi pastikan bendahara tersebut yang trusted dan memiliki dedikasi tinggi kepada organisasi.

Tips 2. Lakukan pembukuan

Pembukuan adalah cara dasar mengatur keuangan. Dengan melakukan pembukuan ini akan terlihat jelas berapa uang yang masuk dan berapa uang yang keluar, tentunya bendahara yang memiliki kewenangan untuk menuliskan hal ini. Pembukuan sekarang ini tidak lagi dilakukan secara manual menggunakan buku dan tabel namun sudah banyak aplikasi yang membantu hal pembukuan, misalnya Microsoft Excell dimana kamu bisa menuliskan laporan keuangan tanpa batas dan banyak fitur yang bisa membantumu dalam hal pembukuan. Pembukuan ini wajib dilakukan, dicek secara berkala dan diperbarui. Biasanya pembukuan dilakukan setiap sebulan sekali maupun ketika organisasi memiliki acara, jadi kemana perginya uang bisa dilihat dan jelas.

Tips 3. Rencanakan budget untuk acara

Organisasi bisa berjalan tentunya menggunakan dana, nah untuk bendahara harus mengatur uang atau budget untuk acara tersebut. Mengatur budget ini tentunya bagian dari rencana acara, bayangkan jika tidak ada rencana keuangan untuk acara, masalah keuangan bisa berantakan. Merencanakan anggaran untuk acara sudah menjadi barang wajib untuk menekan penggunaan uang yang berlebihan atau pengeluaran yang tidak terkontrol.

Perencanaan anggaran untuk acara menjadi waktu untuk bisa meng-estimasi berapa anggaran yang dibutuhkan dan di sesuaikan dengan berapa anggaran yang dimiliki. Jadi jelas berapa target anggaran untuk acara, berapa uang yang ada dan berapa kekurangan biaya tersebut. Acara tanpa perencanaan anggaran cukup beresiko sehingga tuliskan rencana anggaran yang jelas.

Tips 4. Bukti administrasi

Bukti administrasi adalah nota keuangan, kwitansi, nota hasil transfer, buku rekening organisasi dan lain sebagainya. Hal ini digunakan sebagai bukti untuk masalah keuangan organisasi saat dilakukan pengecekan. Hal administrasi seperti ini memang sangat rumit dan merepotkan, namun keberadaannya harus lengkap.

Nota keuangan digunakan sebagai bukti uang keluar/anggaran untuk belanja kebutuhan organisasi atau acara, nota ini penting kehadirannya. Buku tabungan organisasi, hal ini penting kehadirannya karena buku ini adalah barang utama yang dicek terkait pengeluaran dan pemasukan Anda melalui rekening. Jadi jika ada menyelewengan keuangan melalui rekening bisa terlihat.

BACA ARTIKEL : Fungsi Mutasi Rekening Dan Cara Pakainya

Hasil transaksi, menjadi bukti transaksi keuangan. Sekarang ini banyak sekali organisasi yang sudah membuka rekening untuk kepentingan organisasi seperti open donation, pembayaran tiket acara, dan lain sebagainya. Jadi dengan ini hasil transaksi harus dirawat agar bisa menjadi bukti saat dimintai pertanggung jawaban dana. Masalah bukti transaksi ini harus cukup teliti, karena jika tidak di data dengan baik akan menimbulkan masalah lain. Namun jangan khawatir karena masalah bukti transaksi antar rekening ini bisa kamu mudahkan dengan menggunakan aplikasi MutasiKita.

MutasiKita adalah aplikasi keuangan yang membantu kamu mengelola transaksi bank, jadi jika ada acara yang menggunakan transaksi rekening bank seperti open donation dan lain sebagainya, bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengecek transaksi. Jadi kamu tidak perlu repot mengeceknya secara manual. Cukup satu aplikasi bisa memantau transaksi keuangan dari aplikasi ini, selain itu data dari MutasiKita soal transaksi antar rekening bisa eksport dalam bentuk microsoft excell sehingga pekerjaanmu makin mudah.

Pengumpulan bukti administrasi keuangan ini merupakan bentuk controling dan auditing dari suatu keuangan organisasi, jadi uang yang keluar bisa diawasi dan dicocokkan antara uang keluar dan di catatan kemudian hasil dari controling dan auditing ini adalah masalah keuangan yang ada bisa dikoreksi dan di evaluasi agar tidak terjadi lagi kesalahan di masa mendatang.

Manfaat Melakukan Pengelolaan Keuangan Organisasi

Ada beberapa manfaat jika melakukan pengelolaan pada keuangan organisasi, beberapa diantaranya adalah

  1. Masalah keuangan jelas darimana sumbernya dan berapa jumlanya
  2. Pengeluaran uang jelas untuk tujuan apa dan berapa nominalnya
  3. Bisa mengatur keuangan organisasi
  4. Bisa merencanakan rencana keuangan tahun berikutnya
  5. Bisa mengevaluasi kesalahan
  6. Meminimalkan kecurangan
  7. Mencegah pengeluaran yang tidak jelas
  8. Mencegah pembengkakan anggaran

Mengatur masalah keuangan dalam jumlah besar bukan merupakan tugas yang mudah, namun sekarang sudah banyak teknologi yang memudahkan mengatur masalah keuangan. Salah satunya adalah MutasiKita.co.id untuk memantau transaksi rekening bank.

Related Posts

Mengetahui E-Money untuk Pembayaran

Mengetahui E-Money untuk Pembayaran – Sudahkah Anda menggunakan e-money dalam kehidupan sehari-hari Anda?...

Pembayaran Otomatis
Pembayaran Otomatis

Pembayaran Otomatis – Pembayaran Otomatis Dengan Cara Cek Mutasi Internet Banking. Generasi millennial...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website

Subscribe to Mutasi Kita Update

Dapatkan update terbaru dari Mutasi Kita berupa informasi penting, tips menarik, promo, dan beberapa postingan menarik!