Cara Efektif Atur Keuangan Agar Tidak Krisis Di Masa Pandemi Covid-19

Share:

Cara Efektif Atur Keuangan Agar Tidak Krisis Di Masa Pandemi Covid-19 – Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian hingga tidak bisa dipandang sebelah mata. Oleh karena itu, perlu mengatur strategi kembali serta manajemennya baik untuk keuangan pribadi dan keluarga karena sangat penting untuk diri sendiri maupun keluarga di masa pandemi seperti sekarang ini.

Bagi anda yang memiliki beban finansial yang harus pandai berbagi kepada diri sendiri dan keluarga pasti tengah merasakan berbagai kekhawatiran karena dampak negatif yang diberikan oleh covid-19 tersebut. Dari mulai melihat berbagai perusahaan yang harus memotong gaji dan merumahkan banyak karyawannya, sampai berbagai bisnis kecil lainnya yang gulung tikar, membuat anda mau tidak mau harus mampu bersiap-siap terhadap kondisi keuangan untuk hal-hal terburuk yang mungkin terjadi. Tidak ada yang tahu waktu berakhirnya pandemi Covid-19. Namun sebaiknya dan lebih bijaknya, anda mulai mengatur strategi bagaimana mengatur keuangan anda kembali supaya kondisi keuangan yang tetap stabil bersamaan dengan risiko terburuk yang mengancam.

Namun anda tidak perlu terlalu khawatir, anda bisa mengikuti tips berikut untuk mengatur keuangan di tengah kondisi pandemi covid-19 saat ini:

1. Evaluasi Sumber Penghasilan

Anda mungkin merasa tidak perlu repot-repot ketika masih berpenghasilan bulanan tanpa ada pemotongan. Namun tidak menutup kemungkinan, berbagai hal bisa terjadi kedepannya, dan risiko tersebut bisa saja semakin tinggi karena masa pandemi.

BACA ARTIKEL : MutasiKita, Hadir untuk Mudahkan Transaksi Bank Anda

Oleh karena itu, mulailah untuk mencegah kemungkinan terburuk dengan merubah sedikit pengeluaran di perencanaan keuangan anda. Sebab Risiko penurunan drastis dipemasukan bisa terjadi kapanpun terhadap siapapun anda baik yang berpenghasilan sebagai pedagang, freelancer atau karyawan.

Mulai rubah pos pengeluarannya, seperti misalnya pos pengeluaran anda adalah : Living – Saving – Parents – Entertainment.

Untuk masa pandemi seperti saat ini sebaiknya menjadi : Living – Saving – Parents – Emergency Fund.

Alangkah baiknya, sebagian uang yang ada digunakan untuk kebutuhan yang jauh lebih penting baik untuk sehari-hari dan untuk kondisi darurat di masa yang akan datang. Apalagi di masa pandemi seperti ini. Nah, bagi yang sudah berumahtangga, anda bisa mengurangi sedikit pos saving untuk dialihkan ke emergency fund untuk jaga-jaga apabila nanti ada kebutuhan rumah tangga mendadak sehingga tabungan anda tetap aman dan stabil. Dikarenakan sulit kemana-mana karena aturan untuk social distancing dan menghindari kerumunan, anda bisa memanfaatkan ini sebagai kesempatan untuk lebih berhemat.

2. Hindari Pembelian dengan Sistem Cicilan

Apabila memiliki keinginan untuk memiliki barang baru, seperti handphone baru atau barang lainnya yang dikira tidak terlalu penting, sebaiknya ditunda dulu walaupun ada pilihan pembayaran dengan sistem cicilan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, berhemat, menabung, dan menyimpan setiap uang tentu saja jauh lebih penting daripada membeli sesuatu yang tidak begitu penting.

Alangkah baiknya anda menunda terlebih dahulu dulu sampai masa kritis covid-19 berakhir. Simpan kartu kredit, uninstall aplikasi cicilan dan pinjaman online, atau apapun yang bisa memicu keinginan untuk berbelanja lebih kerap dan lebih jauh dari jangkauan. Meskipun darurat, alangkah baiknya digunakan untuk membelli kebutuhan sehari-hari.

3. Cari Sumber Penghasilan Tambahan

Namun kabar baiknya, banyak peluang bisnis yang muncul karena pandemi dan ternyata cukup menguntungkan. Jadi kalaupun anda yang bekerja di perusahaan yang terkena dampak kriris ekonomi terparah hingga mengalami pemotongan gaji bahkan risiko di PHK kedepannya jika masalah covid-19 tidak kunjung berakhir, tidak ada salahnya mempertimbangkan diri untuk mencoba sumber penghasilan baru untuk menjaga keuangan tetap stabil.

Peluang bisnis yang bisa dilakukan bisa mulai dari Jasa delivery bahan makanan, makanan cepat saji, atau berjualan frozen food secara online. Ha-hal tersebut sangat bisa menjadi contoh bisnis atau kerjaan sampingan yang telah terbukti cukup menguntungkan.

4. Mengurangi Pembelian yang Tidak Terlalu Dibutuhkan

Apabila anda sebelumnya sangat suka berbelanja, alangkah baiknya mulai mengurangi kebiasaan tersebut. Apabila biasannya anda menghabiskan sekitar Rp700rb untuk kebutuhan seperti peralatan mandi. Alangkah baiknya dikurangi menjadi Rp500rb dengan mengurangi biaya peralatan mandi. Begitupun dengan bahan makanan, belilah yang sesuai kebutuhan dan alangkah baiknya mulailah masak sendiri dan mengurangi membeli makanan dari luar. Lagipula, selama anda bekerja di rumah dan tidak bepergian kemana-mana dengan begitu peralatan mandi tidak akan habis seperti biasanya. Kemudian sisa biaya tersebut, bisa Anda alokasikan untuk tabungan, atau dijadikan dana darurat seperti dana untuk ongkos transportasi kerja dan biaya makan diluar.

5. Alokasikan Sebagian Uang yang Ada untuk Investasi

Mulailah investasi daripada berbelanja online. Apalagi jika gaji anda tersisa lumayan banyak bahkan setelah dialokasikan ke berbagai pos pengeluaran Anda, Sebab investasi dapat membantu meningkatkan kondisi keuangan anda kedepannya.

Mulailah dengan membuka tabungan berjangka sesuai dengan kebutuhan. Hal ini bisa dimulai dari 1 sampai 10 tahun dengan sistem autodebet. Membuka tabungan berjangka memberikan keuntungan yakni bunga yang diberikan lebih tinggi daripada tabungan biasa, setoran awalnya pun terjangkau, mulai dari Rp100rban.

Selain itu, anda juga bisa mulai dari jenis investasi ratusan ribu lainnya seperti emas batangan atau antam. Investasi jenis ini bisa mulai dari 0,5 gram yang masih harganya masih berada Rp400 ribuan hingga Rp500 ribuan. Namun tenang saja, saat ini terdapat banyak jenis investasi emas online seperti yang disediakan oleh perusahaan pegadaian. Apabila anda memiliki sisa uang yang lumayan banyak, anda bisa membeli yang 1gram sekaligus.

6. Pentingnya Mempersiapkan Dana Darurat untuk Keadaan Krisis

Di masa pandemi ini, anda juga harus membuang jauh kebiasaan konsumtif dan lebih banyak mengalihkan uang yang ada untuk ditabung dan dijadikan dana darurat. Mengingat risiko PHK, usaha sepi bahkan sampai bangkrut memiliki risiko yang lumayan tinggi di masa pandemi.

Apalagi jika anda harus membagi pendapatan yang bukan hanya untuk kebutuhan diri sendiri tapi juga termasuk orangtua dan keluarga. Karena apabila anda sangat boros pengeluarannya berarti perlu sekali untuk semakin pintar dalam mengatur dan mengelola penggunaan keuangan anda.

7. Sering-Sering Memeriksa Mutasi Rekening

Hal ini mungkin sering anda lewatkan, karena seringkali pengeluaran mengenai hal-hal yang konsumtif seringkali anda abaikan. Namun diharapkan mulai sekarang di masa pandemi, anda lebih sering memeriksa mutasi rekening. Sebab secara tidak langsung dapat membantu mengontrol kondisi keuangan anda.

Dalam hal ini, anda juga tidak perlu khawatir. Anda juga tidak perlu repot-repot pergi ke Bank ataupun ATM. Meski masa pandemi dan masih sulit untuk pergi kemana-mana, anda dapat melakukannya di rumah saja melalui smartphone. Tentu saja melalui aplikasi cek mutasi dari mutasikita.co.id. Hanya dengan sekali sentuh sambil bersantai di rumah saja, anda dapat memantau arus kas pemasukan dan pengeluaran yang sekaligus mengontrol pengelolaan keuangan anda.

Demikian tips mengatur keuangan anda di masa pandemi. Untuk mencegah kemungkinan risiko buruk yang bisa saja terjadi di kemudian hari, tidak ada salahnya bagi anda untuk memulai tips-tips tersebut dan tetap rajin memeriksa mutasi rekening anda melalui aplikasi cek mutasi dari www.mutasikita.co.id agar kondisi keuangan tetap terkontrol dengan baik.

Related Posts

aplikasi cek mutasi bank
Aplikasi Cek Mutasi Bank

Aplikasi Cek Mutasi Bank – Kebutuhan pebisnis baik secara online maupun offline di...

Pentingnya mutasi rekening untuk anda
Fungsi Mutasi Rekening Dan Cara Pakainya

Fungsi Mutasi Rekening Dan Cara Pakainya – Setiap orang kebanyakan telah memiliki rekening...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website

Subscribe to Mutasi Kita Update

Dapatkan update terbaru dari Mutasi Kita berupa informasi penting, tips menarik, promo, dan beberapa postingan menarik!