Cara Mudah Mengelola Keuangan Pada Bisnis Online

Share:

Cara Mudah Mengelola Keuangan Pada Bisnis Online – Saat ini bisnis online merupakan salah satu kegiatan bisnis yang banyak di minati oleh berbagai kalangan. Berbagai jenis bisnis sekarang mulai beralih ke bisnis online, hal ini tentu menjadikan persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Ditambah dengan adanya wabah covid-19 ini para pemilik bisnis berlomba-lomba untuk beralih menjadi bisnis online agar kegaitan bisnisnya tetap berjalan dan tentunya tetap sesuai dengan protokol Kesehatan.

Dalam kegiatan berbisnis, keuangan merupakan salah satu hal yang paling sensitive. Karena itu perlu adanya pengelolaan keuangan agar bisnis tetap berjalan. Pengelolaan keuangan saat ini dapat dengan mudah dilakukan, karena banyak sekali cara untuk mencatat pengelolaan keuanan untuk bisnis online. Dengan adanya pencatatan keuangan anda dapat mengetahui aktivitas keuangan pada bisnis anda. Oleh karena itu pengelolaan keuangan yang baik dapat menghasilkan sistem pencatatan yang baik pula, Lalu dari pencatatan keuangan tersebut dapat dijadikan sebagai acuan dalam menganalisis bisnis anda. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengambil keputusan terkait keberlangsungan bisnis online anda.

Dari penjelasan tersebut dapat dikatakan bahwa pengelolaan keuangan dan pencatatan keuangan diperlukan untuk mengetahui kinerja bisnis anda. Lalu bagaimana cara untuk dapat melakukan pengelolaan keuangan pada bisnis yang baik ? simak penjelasan berikut ini ya.

  • Pisahkan Keuangan Pribadi dengan Keuangan Bisnis

Banyak sekali para pemilik bisnis tidak paham akan hal ini. Mereka cenderung menggabungkan pendapatan yang dimiliki dengan pendapatan bisnis. Hal ini tentu tidak baik untuk keberlangsungan bisnis anda. Mengapa keuangan pribadi dan keuangan bisnis harus dipisahkan? karena dengan memisahkan keuangan pribadi dan bisnis merupakan hal yang harus di lakukan anda sebagai pemilik bisnis.

  • Membuat Anggaran

Anggaran merupakan salah satu hal yang penting dalam kegiatan bisnis terutama pada bisnis online. Dengan adanya anggaran anda akan tahu mengenai hal-hal apa saja yang menjadi fokus anda. Anggaran sama saja seperti dengan planning, bisnis yang berjalan tanpa adanya palning ketika mengadapi kendala atau masalah pasti tidak akan siap. Berbisnis pasti akan ada naik dan turunnya, tidak setiap saat bisnis anda selalu di atas maka dari itu untuk menghadapi risiko-risiko yang mungkin akan terjadi selama berbisnis anda membutuhkan anggaran tersebut. Anggaran yang tidak sesuai dengan plaing tentu nantinya akan mempengaruhi arus kas pada bisnis anda, dan jika tidak maka kegiatan bisnis anda tidak sesuai dengan anggaran.

BACA ARTIKEL : Kurangi Penggunaan Uang Cash Untuk Mencegah Penularan Virus Covid-19 

  • Mencatat Transaksi

Kegiatan berbisnis tentu tidak akan lepas dengan adanya aktivitas keluar dan masuk dana. Dana yang di catatpun berbagai macam, mulai dari dana untuk pembelian bahan baku atau dana untuk membayar gaji karyawan sampai dengan dana yang diperoleh dari penjualan. Oleh karena itu agar tidak adanya kecurangan yang terjadi maka perlu dilakukan pencatatan. Selain itu keluar dan masuknya uang tentu menjadi hal sangat penting bagi para pemilik bisnis terutama pemilik bisnis online. Tidak mungkin juga setiap saat anda datang ke ATM hannya untuk mengecek transaksi yang masuk, tentu hal tesebut sangat membuang waktu. Untuk memudahkan para pemilik bisnis online dalam melakukan pengecekan mutasi kini hadir aplikasi cek mutasi yang bernama Mutasi Kita. Aplikasi cek mutasi dapat anda dapatkan melalui smartphone hanya dengan mendownload di plasystore.

  • Menghitung Biaya Produksi

Biaya produksi memang hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan harga jual produk anda. Dalam menghitung biaya produksi sebaiknya anda melakukan anggaran menganai pendapatan yang akan anda peroleh dari bisnis yang anda jalankan. Apakah harga jual tersebut sudah dapat mencangkup biaya-biaya keseluruhan atau belum. Jika anda tidak menghitung biaya produksi tentu anda tidak akan tahu harga jual, harga jual yang rendah tentu akan merugikan anda maka dari itu menghitung biaya produksi menjadi hal yang penting.

  • Menghitung Laba dan Rugi

Setelah melakukan pencatan dari keseluruhan kegiatan bisnis anda selama satu bulan, maka saatnya anda menghitung laba dan rugi yang diperoleh. Untuk mengetahui laba dan rugi tentu anda memperlukan pencatatan transkasi keluar dan masuk dana anda. Untuk memudahkan anda mengetahui dan merekap dana keluar dan masuk anda dapat menggunakan apliksi Mutasi Kita. Jika anda sudah mengetahui bisnis anda laba atau rugi selanjutnya anda dapat Menyusun planning dan strategi untuk memutuskan kegiatan bisnis anda selanjutnya.

Itulah penjelasan singkat mengenai Cara Mudah Mengelola Keuangan Pada Bisnis Online. Mencatat semua transaksi keluar dan masuk adalah hal yang penting. Untuk memudahkan dalam melakukan pencatatan transaksi keluar dan masuk anda dapat menggunakan aplikasi cek mutasi yaitu Mutasi Kita. Mutasi kita adalah sebuah aplikasi cek mutasi bank secara otomatis dalam satu aplikasi yang mendukung bank besar di indonesia seperti Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI , Danamon beserta GO-Pay dan OVO Cek mutasi dari berbagai bank secara otomatis di dalam satu dashboard yang memudahkan para pemilik bisnis online dalam memantau transaksi dari berbagai bank secara bersamaan.

Related Posts

Tinggalkan Hidup Hedon, Untuk Menjaga Kantongmu

Tinggalkan Hidup Hedon, Untuk Menjaga Kantongmu – Apakah kamu pernah berbelanja hingga tidak...

5 Investasi Yang Cocok Bagi Fresh Graduate Yang Baru Gajian

5 Investasi Yang Cocok Bagi Fresh Graduate Yang Baru Gajian – Hai, Fresh...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website

Subscribe to Mutasi Kita Update

Dapatkan update terbaru dari Mutasi Kita berupa informasi penting, tips menarik, promo, dan beberapa postingan menarik!