Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Melakukan Kredit

Share:

Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Melakukan Kredit Kredit adalah salah satu bentuk cara bayar yang selama ini banyak digunakan masyarakat umum. Membeli produk dalam bentuk kredit adalah hal yang sangat umum terjadi di Indonesia. Bahkan banyak layanan yang membukan pembayaran kredit ini untuk pembelian barang. Mulai dari pembelian barang elektronik sehari-hari sampai pembelian kendaraan bermotor, bahkan sekarang ini kamu juga bisa memiliki rumah sendiri dengan cara kredit ini. Wah keren ya!

Cara ini banyak digunakan karena dinilai bisa meningkatkan penjualan produk, tanpa layanan pembayaran ini banyak konsumen yang akan keberatan dalam membeli produk sehingga untuk menjangkau kemampuan konsumen dibuatlah layanan pembayaran seperti ini. Bahkan di e-commerce atau transaksi jual beli online juga terdapat pembayaran kredit seperti ini lho. Salah satu hal yang membantu kamu menjalankan pembayaran kredit ini adalah penggunaan kartu ATM atau atm banking dan aplikasi cek mutasi bank, sehingga kamu bisa melakukan pembayaran dengan mudah dalam aksesnya pengecekannya pun juga mudah. Apakah kamu adalah salah satu penggunanya? Sebelum menggunakan layanan ini alangkah baiknya jika kamu memperhatikan hal-hal berikut ini agar kredit bisa mudah dilakukan

Barang Apa Yang Akan Di Kredit?

Sebelum melakukan pembelian barang dan melakukan pembayaran dalam bentuk kredit, kamu harus tau barang jenis apa yang akan kamu pilih untuk kredit. Apakah barang elekronik, kendaraan atau rumah? Apakah barang-barang ini cocok untuk dibayar dengan kredit? Pasalnya beberapa barang kredit memiliki harga yang jauh berbeda ketika membelinya dengan cara cash pun harga jualnya juga akan terus mengalami penurunan. Misalnya adalah kredit untuk kendaraan ataupun barang elektronik.

Baca Artikel : Tips Memilih Investasi Yang Aman Bagi Pemula

Membeli kendaaan dengan cara cash dibeli dengan harga 13 juta namun jika kamu membeli dengan cara kredit harga bisa sampai 19 juta pun ketika dijual harganya malah turun dan banyak produk kendaraan dengan jenis yang baru dengan harga yang sama. Berbeda ketika kamu membeli rumah, jika kamu menabung untuk membeli rumah maka harga tidak akan terkejar karena rumah akan terus mengalami kenaikan harga, namun jika kamu melakukan kredit, rumah bisa kamu dapatkan pun jika dijual akan mengalami kenaikan.

Namun semua kembali dengan kemampuan finansialmu karena ada banyak faktor kenapa kamu memutuskan untuk melakukan kredit, jika kebutuhan begitu mendesak dan uang belum terkumpul maka pilihan kredit bisa kamu lakukan. Pilihlah yang terbaik versi kamu dengan menyesuaikan kemampuan finansialmu.

Perhatikan Penambahan Bunga

Bunga adalah tambahan nilai tambah yang harus kamu bayarkan dalam melakukan kredit. Umumnya besar kecilnya bunga akan bergantung dengan lamanya waktu yang kamu pilih untuk melakukan kredit. Tentunya semakin lama kamu memilih waktu untuk membayar kredit akan semakin memengaruhi besaran bunga yang kamu dapatkan. Ada beberapa jenis bunga untuk kredit, yaitu bunga tetap, bunga efektif dan bunga anuitas. Suku bunga tetap ini memberikan nilai tambahan atau bunga yang sama yang tetap setiap kali membayar, jumlah angsuran pokoknya juga tetap. Bunga efektif, semakin lama kamu kredit bunga akan mengalami penurunan, nilai angsuran pokok juga tetap, sedangkan suku bunga anuitas, nilai bunga akan semakin turun namun nilai angsuran pokok akan mengalami kenaikan.

Penambahan bunga terkadang memiliki nilai yang cukup besar, sehingga nilai akhir barang cukup besar pula namun terasa ringan jika dilakukan pembayaran dengan cara kredit. Jika harga akhir cukup besar, apakah kamu siap dengan nilai tersebut? Atau kamu akan merugi dan memilih untuk menabung terlebih dahulu??

Penambahan biaya karena bunga ini harus kamu pertimbangkan sebelum melakukan pengajuan kredit untuk membeli barang ya! Memang masalah bunga ini harus jeli agar kamu juga bisa mengikuti alurnya.

www.mutasikita.co.id

Tentukan Besaran Kredit Tiap Bulannya

Hal selanjutnya yang harus kamu pertimbangkan sebelum melakukan kredit adalah menyesuaikan besaran cicilan perbulannya, apakah dengan nilai tersebut kamu bisa membayar atau nilai tersebut terlalu berat untukmu. Menentukan besaran nominal cicilan ini harus disesuaikan dengan penghasilan atau uang bulanan kamu.

Jangan sampai besaran cicilan lebih besar daripada kebutuhan hidup karena pastinya akan menyulitkan kamu dalam mencukupi kebutuhan hidup akibatnya kamu bisa berhutang ke orang lain lagi atau bahkan cicilan macet karena kebutuhan lebih besar. Maka tentukan nilai cicilan yang sesuai, kamu bisa membayar cicilan dengan baik dan kebutuhanmu pun tetap bisa tercukupi dengan baik. Salah satu strategi untuk menekan pengeluaran harian adalah dengan melakukan pengecekan berkala pada rekening menggunakan cek mutasi bank sehingga pengeluaran tetap terkontrol kamu pun bisa membayar cicilan dengan lancar.

Baca Artikel : Yuk Mengenal Mutasi Rekening Dan Manfaatnya

Tentukan Tenor Cicilan

Cara mudah pantau transaksi keuanganmu

Menentukan tenor waktu cicilan juga merupakan hal yang harus dipertimbangakan untuk memutuskan kredit, lamanya waktu cicilan. Dalam melakukan kredit, semakin pendek waktu yang kamu pilih untuk melakukan kredit akan semakin besar nilai yang harus kamu bayarkan setiap bulannya, atau besar di awal dan landai di akhir. Namun jika waktu yang kamu pilih cukup lama maka nilainya yang harus kamu bayarkan perbulanya tetap namun lebih kecil daripada waktu yang pendek.

Semakin besar nilai cicilan juga semakin cepat kamu menyelesaikan cicilan jadi tidak ada beban lagi. Begitu juga sebaliknya.

Dengan membaca ulasan ini, apakah kamu sudah siap untuk melakukan kredit untuk produk yang kamu inginkan? Pertimbangkan apakahh harus menabung dulu atau lebih baik kredit. Yuk siapkan data cek mutasi bank dan slip gaji sebagai syarat pengajuan kredit. Gunakan aplikasi cek mutasi dari www.mutasikita.co.id untuk layanan mutasi yang mudah, cepat dan efisien!

Related Posts

Yuk Coba Perencanaan Keuangan Ala Kemenkeu Agar Kondisi Keuangan Stabil
Yuk Coba Perencanaan Keuangan Ala Kemenkeu Agar Kondisi Keuangan Stabil

Yuk Coba Perencanaan Keuangan Ala Kemenkeu Agar Kondisi Keuangan Stabil – Mengatur keuangan...

Cara Efektif Atur Keuangan Agar Tidak Krisis Di Masa Pandemi Covid-19

Cara Efektif Atur Keuangan Agar Tidak Krisis Di Masa Pandemi Covid-19 – Covid-19...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website

Subscribe to Mutasi Kita Update

Dapatkan update terbaru dari Mutasi Kita berupa informasi penting, tips menarik, promo, dan beberapa postingan menarik!