Kesulitan Menabung? Lakukan 10 Tips Berikut Ini!

Share:

Kesulitan Menabung? Lakukan 10 Tips Berikut Ini! – Dalam hidup, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. oleh karenanya, kita selalu dianjurkan untuk bersiap-siap sejak awal, seperti melakukan antisipasi, menghindari sesuatu, dan lain sebagainya. Begitupun dalam hal keuangan. Kita juga tidak pernah tahu kondisi keuangan kita esok hari. Bisa jadi hari ini masih bisa makan. Namun belum tentu dengan keesokan harinya. Bukan hanya untuk makan, barangkali kita juga memiliki keinginan akan barang impian atau cita-cita yang harus diwujudkan di masa depan seperti pendidikan, pekerjaan, bisnis, dan masih banyak lagi. Dalam hal ini, anda dapat mengantisipasinya dengan menyediakan dana darurat. Dana darurat inilah yang nantinya dapat kita gunakan untuk memenuhi segala kebutuhan, baik keinginan maupun hal-hal yang tidak terduga seperti sakit, kecelakaan, dan masih banyak lagi. Untuk menyiapkan dana darurat, dapat kita mulai dengan cara menabung. Tidak apa meskipun masih berpenghasilan minim. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Menabung yang efektif tentu saja memiliki berbagai cara. Setiap orang menerapkan gayanya sendiri-sendiri untuk mengumpulkan uang. Meski demikian, salah satu kunci yang harus dimiliki supaya usaha menabungnya sukses adalah kedisiplinan dan konsistensi.

Baca Artikel : Pentingnya Mengelola Keuangan Dengan Cek Mutasi Rekeningnya 

Sebagian orang masih mengalami kesulitan dalam menabung. Hal ini mungkin disebabkan oleh gaya hidup yang masih cenderung boros. Namun apabila anda memiliki tekad yang kuat, usaha menabung bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Ada baiknya anda mengikuti beberapa tips berikut ini untuk menabung yang efektif dan cepat terkumpul, antara lain :

  • Tentukan Tujuan Menabung

Anda perlu menetapkan tujuan yang jelas sebelum memulai untuk mengumpulkan uang. Tujuan yang jelas dapat membantu anda tetap termotivasi untuk menabung. Sebab apabila anda tidak memiliki tujuan, fokus anda akan tergoyahkan dengan lebih mudah.

Aplikasi Cek Mutasi Rekening

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah mencatat semua tujuan keuangan Anda yang akan dicapai dengan tabungan. Tujuan ini bisa beragam seperti untuk membeli smartphone baru, membeli rumah, liburan ke luar negeri, menikah, dan sebagainya.

  • Tetapkan Target Waktu dan Nominal

Setelah mencatat semua impian, anda perlu memisahkannya berdasarkan jangka waktu untuk mewujudkan. Anda perlu menentukan goals yang akan direalisasikan dalam waktu dekat hingga goals yang akan direalisasikan dalam waktu yang masih lama.

Anda perlu mengetahui berapa jumlah tabungan yang harus anda kumpulkan untuk setiap tujuan tersebut. Dengan mengetahui kapan target waktu tersebut dan berapa nominal yang dibutuhkan, anda mengetahui berapa uang yang harus disisihkan setiap bulannya.

  • Benahi Manajemen Keuangan

Kebiasaan menabung juga dipengaruhi oleh pengaturan keuangan yang sehat. Sebelum anda  menabung dengan baik, anda harus menerapkan manajemen keuangan yang sehat.

Mulailah dengan mencatat jumlah uang yang masuk dan jumlah uang yang keluar setiap bulannya. Catat gaji yang anda peroleh, bonus, dan juga pemasukan lain.

Anda juga harus memiliki catatan yang lengkap yang berisi pengeluaran rutin seperti biaya hidup selama satu bulan, belanja, cicilan kartu kredit, dan sebagainya.

  • Anggarkan Uang untuk Menabung

Nah, siapkan anggaran uang untuk ditabung setiap bulannya. Anda perlu menyisihkan uang bulanan anda, bukan sisaan, berarti anda perlu menyisihkan uang di awal bulan untuk ditabung. Hal ini akan meminimalisir risiko godaan menggunakan anggaran tabungan untuk kebutuhan lain.

Apabila anda menyisakan uang di akhir bulan, jumlah uang yang ditabung tidak akan konsisten. Sebab besar kemungkinannya uang sudah terpakai untuk kebutuhan lain.

Anda bisa menerapkan menabung uang anda minimal 10% dari penghasilan. Apabila anda bisa menabung lebih besar dari persentase minimal, keuangan anda sudah membaik. Namun apabila jumlah uang yang ditabung kurang dari persentase minimal, kesehatan keuangan anda akan kurang baik. Anda jadi perlu berhemat di pengeluaran lain.

  • Siapkan Rekening Terpisah

Anda juga perlu menyiapkan rekening yang terpisah untuk tabungan dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan hal ini, anda bisa terhindar dari potensi menggunakan uang tabungan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur autodebet atau menabung secara otomatis yang ditawarkan oleh bank yang anda gunakan. Bank akan memotong saldo di rekening Anda setiap bulannya sebanyak nominal yang sudah anda tentukan sebelumnya.

Uang anda akan otomatis ditransfer ke rekening tabungan anda oleh bank. Anda tidak perlu lagi mentransfer uang anda secara manual untuk menabung setiap bulannya.

  • Temukan Cara Berhemat

Cobalah cari cara berhemat lainnya. Misalnya dengan memotong anggaran untuk hiburan. Apabila anda memiliki tujuan finansial yang mendesak, anda bisa mengorbankan pengeluaran untuk hiburan. Anda juga bisa coba berhenti biaya langganan TV kabel, streaming musik atau film, majalah, atau gym untuk meminimalisir pengeluaran yang tidak mendesak.

Anda juga bisa coba membawa bekal dari rumah daripada jajan di luar. Daripada anda makan di restoran yang lebih boros, lebih baik membawa makan siang sendiri. Atau daripada anda membeli kopi kekinian, lebih baik anda beralih dengan membuat kopi sendiri.

Baca juga artikel tentang : Belum Gajian? Yuk, Kelola Keuangan Dengan Tips-Tips Berikut Ini! 

  • Hentikan Hal-Hal yang Membuat Boros

Mulailah dengan berhenti dari kebiasaan yang membuat Anda boros, terutama kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan seperti mengurangi rokok dan minum minuman keras. Anda juga bisa mulai dengan mengurangi anggaran untuk cemilan yang tidak sehat. Anda bisa sekaligus memulai kebiasaan yang lebih sehat, di samping berhemat. Cobalah untuk memprioritaskan kebutuhan primer yang lebih penting. Anda juga bisa berhemat air dan listrik yang anda gunakan dengan mencabut colokan listrik yang tidak digunakan. Jangan lupa matikan AC dan lampu anda saat tidak dibutuhkan. Anda juga bisa beralih untuk mandi dengan menggunakan shower karena bisa berhemat air hingga tiga kali lipat.

  • Tentukan Cara Belanja

Tips selanjutnya, anda bisa mengontrol kebiasaan Anda untuk belanja. Susunlah daftar belanja dan taati daftar tersebut. Lalai sedikit, anda justru bisa membeli barang-barang yang sebelumnya tidak direncanakan.

Hindari diri dari impulsive buying dengan senantiasa bertanya pada diri sendiri “Apakah aku benar-benar membutuhkannya?”. Atau anda akan menyesal karena menghabiskan uang untuk membayar hal-hal yang tidak benar-benar diperlukan.

  • Hindari Hutang Konsumtif!

Jangan pernah tergoda dengan hutang untuk kebutuhan yang konsumtif. Cobalah untuk merasa cukup dengan penghasilan yang Anda miliki. Anda tidak perlu membeli barang-barang baru agar tidak ketinggalan zaman. Sebab apabila anda berupaya mengikuti trend, tidak akan ada habisnya.

  • Mulailah Berinvestasi

Jangan hanya menabung, anda juga perlu mencoba berinvestasi. Investasi mampu membuat uang anda bertumbuh dan berkembang karena adanya bunga atau keuntungan

Anda bisa memulainya dengan menanamkan modal di Peer-to-peer Lending Modal Rakyat, reksadana, emas, atau saham. Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 25% setiap tahunnya. Namun sebelumnya, pelajari terlebih dahulu mengenai perputaran dananya. Ada banyak situs online yang menyediakan panduan mengenai investasi. Anda bisa memperlajarinya melalui situs tersebut.

Jadi bagaimana? Sudah mulai menabung? Atau baru tertarik? Berapapun penghasilan anda, dengan melakukan tips-tips tersebut, anda bisa kok menabung untuk kebutuhan di masa mendatang. Kuncinya adalah tekad yang kuat, kedisplinan, dan konsisten. Jangan lupa untuk senantiasa mengecek mutasi rekening anda untuk mengetahui kondisi keuangan anda melalui aplikasi Mutasi Kita dari www.mutasikita.co.id. Tahukah anda? Kurangnya perhatian kita terhadap kondisi keuangan di rekening, bisa membuat kita lalai dan kehabisan dana lho. Jadi, harap perhatikan juga ya mutasi rekeningnya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Aplikasi Mutasi Bank
Aplikasi Mutasi Bank

Aplikasi untuk Cek Mutasi Bank di Indonesia Secara Otomatis – Mutasi bank merupakan...

Bukti Transkasi Yang Wajib Di Ketahui Oleh Para Pemilik Bisnis

Bukti Transkasi Yang Wajib Di Ketahui Oleh Para Pemilik Bisnis – Berbisnis saat...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website

Subscribe to Mutasi Kita Update

Dapatkan update terbaru dari Mutasi Kita berupa informasi penting, tips menarik, promo, dan beberapa postingan menarik!