memantau transaksi keuangan dengan mudah bersama mutasi kita

Pantau Transaksi Keuangan Bisnismu Bersama Mutasi Kita

Share:

Cara Mudah Mencatat Transaksi Keuangan Bersama Mutasi Kita

Pantau Transaksi Keuangan Bisnismu Bersama Mutasi Kita – Dalam berbisnis pasti tidak akan lepas dengan kegiatan transaksi keluar dan masuk uang. Transaksi keuangan tentu menjadi hal yang sangat penting dimana dari transaksi keuangan tersebut kita dapat mengetahui kondisi keuangan bisnis yang sedang dijalankan. Banyak dari para pemilik bisnis yang belum melakukan pencatatan pada kegiatan bisnisnya. Hal tersebut tentu disayangkan, karena dengan melakukan pencatatan transkasi keuangan bisnis anda akan mendapatkan banyak manfaat. Salah satunya anda dapat memantau akitivtas keuangan anda, apakah keuangan anda sudah sesuai dengan yang sebenarnya atau ada hal-hal yang tidak wajar. Dalam memantau transaksi uang masuk dan keluar anda dapat menggunakan Mutasi Kita. Fitur-fitur yang ada pada Aplikasi Mutasi Kita akan memudahkan anda dalam memantau transkasi keuangan dalam beberapa periode.

Tips Mencatat Transkaksi Keuangan dengan Mudah

Dalam mencatat transkaski keuangan tentu anda tidak boleh asal-asal, pasti akan ada bukti mengenai kegiatan transaksi tersebut. Biasanya dalam kegiatan bisnis terdapat banyak sekali transaksi, Untuk memudahkan anda dalam mencatat transaksi, Ikuti Tips Mencatat Transaksi Keuangan dengan Mudah berikut ini

  • Mengumpulkan Bukti Transkasi Selama Satu Periode

Sebelum melakukan pencatatan, Langkah awal yang dapat anda lakukan adalah mengumpulkan bukti-bukti transaksi keuangan selama satu periode. Mengumpulkan bukti transaksi ini merupakan hal yang penting. Pencatatan keluar masuknya uang jika tidak ada bukti dapat dipertanyakan apakah transaksi tersebut benar-benar terjadi atau tidak. Maka dari itu untuk mencegah terjadinya kecurangan anda dapat mengumpulkan bukti-bukti transaksi dan mencatatnya sesuai bukti yang ada.

Bukti-bukti transaksi yang ada seperti bukti pembayaran, bukti penerimaan, bukti penjualan, faktur penjualan dan pembelian, kwintansi, surat perjanjian dan sejenisnya.

BACA : Cara Mudah Mengelola Keuangan Pada Bisnis Online

  • Melakukan Pengecekan Ulang Bukti Transaksi yang Ada

Bukti transaksi memang menjadi hal yang sangat rawan dalam terjadinya kecurangan. Pemalsuan bukti transaksi dapat saja terjadi jika anda tidak melakukan pengecekan ulang. Pastikan bahwa bukti tersebut benar-benar terjadi pada tanggal tersebut. Hal yang perlu di lakukan adalah memastikan bahwa kebenaran bukti tersebut dengan melihat bahawa bukti tersebut memiliki sampel yang benar, tanda tangan yang asli dari pihak yang bersangkutan. Untuk membantu mengecek keaslian transkasi tersebut anda dapat menggunakan Aplikasi Mutasi Kita. Aplikasi tersebut mencatat transkasi keluar dan masuk keuangan anda. Jadi jika ada transaksi yang mencurigkan anda dapat mengeceknya langsung melalui mutasi bank yang ada pada Aplikasi Mutasi Kita.

Aplikasi Mutasi Kita
  • Mencatat Transkasi Keuangan

Setelah mengumpulkan dan memastikan keaslian transkasi keuangan yang ada. Anda dapat melakukan pencatatan pada laporan keuangan yang ada. Pastikan anda mencatat transkasi keuangan yang ada dengan benar dan sesuai standar akuntansi yang ada.

  • Memasukan Hasil Transkasi Ke Dalam Jurnal

Setelah mencatat trankasi keuangan yang ada, sebaiknya anda memindahkan ke dalam jurnal. Seperti transkasi masuk dan keluar yang dimasukan ke dalam debit dan kredit. Pembuatan jurnal ini diharapkan akan memudahkan untuk mebuat buku besar.

  • Menyusun Neraca
Mencantat Bukti Transaksi

Setelah membuat jurnal dan memindahkan ke dalam buku besar. Selanjutnya agar catatan transkasi anda terlihat rapi dan mudah dipahami oleh para pemilik bisnis atau pihak-pihak yang berkepentingan adalah dengan Menyusun neraca.

  • Membuat Laporan Keuangan

Setelah mengikuti Langkah-langkah diatas, hal yang harus anda lakukan adalah menyajikan laporan keuangan yang anda buat. Pastikan segala transaksi yang anda buat benar-benar terjadi pada tanggal tersebut. Dari hasil laporan keuangan tersebut anda dapat mengetahui proses bisnis anda. Apakah kegiatan bisnis anda berjalan dengan baik atau tidak.

Itulah beberapa tips agar transkasi keuangan anda mudah di mengerti dan rapi. Untuk memudahkan anda dalam melakukan pengecekan transkasi anda dapat menggunakan Aplikasi Cek Mutasi. Aplikasi Cek Mutasi yang dapat anda gunakan adalah Aplikasi Mutasi Kita. Dengan menggunakan aplikasi tersebut anda dapat melakukan eksport data transkasi. Data yang di eksport pun berupa excel, sehingga data tersebut dapat anda gunakan sebagai rekap atas transkasi keuangan bisnis anda. Selain itu data tersebut dapat digunakan para pemilik bisnis dalam memantau kegiatan yang berkaitan dengan keuangan. Selain mudah, dengan menggunakan Aplikasi Mutasi Kita anda dapat memantau trankasi keuangan anda dimana saja dan kapan saja. Hal ini tentu akan lebih menghemat waktu dan tenaga anda bukan ? Untuk mendapatkan aplikasi ini anda dapat mengunduhnya melalui playstore, atau berkunjung langsung ke www.mutasikita.co.id

Related Posts

Freelancer Juga Bisa Punya Tabungan #TIPS.

Freelancer Juga Bisa Punya Tabungan #TIPS – Ada bebeapa alasan kenapa orang lebih...

Bukti Transkasi Yang Wajib Di Ketahui Oleh Para Pemilik Bisnis

Bukti Transkasi Yang Wajib Di Ketahui Oleh Para Pemilik Bisnis – Berbisnis saat...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website

Subscribe to Mutasi Kita Update

Dapatkan update terbaru dari Mutasi Kita berupa informasi penting, tips menarik, promo, dan beberapa postingan menarik!