Reimbursement Karyawan, Gimana Mengelolanya?

Share:

Reimbursement Karyawan, Gimana Mengelolanya? – Pernahkah kamu mendengar kata reimbursement? Kata ini merupakan kata yang cukup sering digunakan dalam dunia kerja menyangkut dengan penggunaan uang oleh karyawan. Reimbursement adalah penggunaan uang pribadi karyawan dalam urusan pekerjaan yang nantinya bisa diklaim untuk mendapatkan pengganti dari perusahaan.

Penggunaan uang pengganti atau reimbursement ini digunakan untuk berbagai kondisi dalam dunia kerja, mulai dari kegiatan dinas maupun kegiatan kerja lainya. Mau tau informasi lebih lengkap mengenai reimbursement ini? simak di penjelasan berikut ini.

Pengeluaran Apa Saja yang Bisa di Reimburse?

Perlu diketahui, tidak semua pengeluaran uang untuk kegiatan kerja oleh karyawan bisa direimburse oleh perusahaan. Hal ini untuk mencegah pengeluaran yang tidak diperlukan dari perusahaan sehingga reimbursement dilakukan dengan berdasarkan kebijakan yang berlaku di masing-masing perusahaan tersebut. Beberapa contoh penggunaan reimbursement untuk karyawan adalah untuk

Penggantian Uang Transport Perjalanan Dinas

Melakukan perjalanan dinas namun uang dari kantor sudah habis untuk berbagai keperluan? Nah maka gunakan uang pribadi mu terlebih dahulu untuk nantinya melakukan reimburse di kantor. Untuk perjalanan dinas, umumnya biaya akan ditanggung oleh kantor sebab kegiatan ini untuk kepentingan kantor juga.

Biaya transport untuk perjalanan dinas ini misalnya untuk kendaraan, bahan bakar, sewa hotel dan makan.

Biaya Perbaikan Alat Kerja

Sedang WFH tapi laptop kantor yang kamu gunakan tiba-tiba rusak? Jangan khawatir, sebab kamu bisa mengajukan reimbursement ke perusahaan. Sebab laptop merupakan perangkat kerja yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Sehingga anggaran untuk perbaikan juga bisa ditanggung oleh perusahaan.

Baca Artikel : Langkah Mudah Cek Mutasi Rekening Online dengan Mutasi Kita

Biaya Kesehatan

Pengobatan karyawan juga bisa masuk dalam reimbursement karyawan lho. Reimbursemen ini untuk memudahkan karyawan dalam hal kesehatan. Biaya kesehatan ini bisa meliputi perawatan, pengobatan sampai dengan urusan kesehatan yang lainya. Namun tidak semua perusahaan memberikan reimbursemen kesehatan ini, sebab sudah ada BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan.

Itulah beberapa reimbursement yang umumnya diberikan perusahaan untuk karyawannya. Namun antar satu perusahaan dengan lainya memiliki system reimbursemen yang berbeda.

Bagaimana Mengatur Reimbursement dari Karyawan?

Pengelolaan reimbursemen untuk karyawan adalah satu hal penting untuk menjaga anggaran karyawan bisa tetap stabil. Sebab seperti yang kita tahu tanpa ada pengelolaan reimbursemen karyawan bisa menimbulkan kekacauan keuangan perusahaan. Beberapa cara untuk mengelola reimbursemen karyawan adalah sebagai berikut:

Penentuan Jenis Biaya Reimbursemen

Tidak semua anggaran yang dikeluarkan oleh karyawan hal bisa dilakukan reimbursemen. Untuk itu perlu dilakukan penentuan jenis reimbursemen untuk memberikan batasan dan kejelasan, kebutuhan jenis apakah yang bisa diganti perusahaan.

Beberapa contoh misalnya untuk biaya perbaikan sarana, biaya transport, sampai dengan biaya operasional kantor. Dengan menentukan kejelasan seperti ini, akan lebih terhindar dari pembengkakan biaya reimbursemen.

Tentukan Besaran Biaya Maksimal

Selain menerapkan penentuan jenis reimbursemen, cara selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan biaya maksimal untuk reimbursemen. Misalnya melakukan perjalan dinas untuk 3 hari, maka perusahaan bisa memberikan patokan nilai agar karyawan juga bisa lebih berhati-hati dalam membelanjakan uang.

Pengajuan dengan Bukti

Tahapan lanjutan yang perlu dilakukan untuk mengelola reimbursemen adalah syarat pengajuan bukti untuk karyawan yang melakukan reimbursemen. Seperti pemberian nota pembelian barang, bukti transaksi maupun bukti pembayaran yang lainya. Hal ini untuk memudahkan proses pelaporan untuk keuangan perusahaan maupun untuk mencegah kecurangan karyawan.

Metode Pembayaran Reimbursemen

Setelah semua proses tercukupi selanjutnya adalah pembayaran untuk reimbursemen karyawan. Sekarang ini pembayaran akan lebih mudah menggunakan transfer maupun e-money sebab lebih cepat dan ringkas.

Baca Artikel : 4 Metode Cek Pembayaran Pelanggan untuk Bisnis Online

Pihak keuangan juga harus menyimpan tanda bukti pembayaran reimbursemen ini untuk kebutuhan laporan. Selain itu bisa menggunakan mutasi sebagai alat untuk membantu pengecekan tiap transaksi yang dilakukan.

Salah satu aplikasi yang membantu cek mutasi bank adalah Mutasi Kita, memudahkan proses pengecekan mutasi hanya dengan aplikasi mobile maupun web. Bisa digunakan untuk pengecekan berbagai jenis bank tanpa ada batasan rekening, mendukung untuk bank nasional sampai e-wallet seperti OVO dan Gopay.

Mutasi Kita aplikasi cek mutasi online yang mudah digunakan dan terjangkau. Konsultasi dan coba trial gratis penggunaan Mutasi Kita dengan menghubungi kontak Mutasi Kita di halaman Kontak Mutasi Kita.

Related Posts

Cek Mutasi Bank Muamalat
Cek Mutasi Bank Muamalat

Cek Mutasi Bank Muamalat – Perkembangan dunia perbankan semakin maju pesat. Semakin bermunculan...

peluang usaha
6 Ide Ciptakan Peluang Usaha di Desa untuk Kesejahteraan Bersama

6 Ide Ciptakan Peluang Usaha di Desa untuk Kesejahteraan Bersama. Desa adalah salah...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website

Subscribe to Mutasi Kita Update

Dapatkan update terbaru dari Mutasi Kita berupa informasi penting, tips menarik, promo, dan beberapa postingan menarik!