Tips Memilih Investasi Yang Aman Bagi Pemula

Share:

Tips Memilih Investasi Yang Aman Bagi Pemula – Dalam hidup, segala sesuatu perlu dipersiapkan terlebih dahulu untuk segala keperluan. Begitupun dengan masa depan. Salah satu cara untuk menyiapkan segala keperluan di masa depan adalah dengan berinvestasi. Sebab investasi berperan sebagai tabungan yang membantu masa depan anda menjadi lebih baik. Investasi ini perlu dilakukan sedini mungkin. Namun anda yang masih awam mungkin belum memahami bagaimana caranya untuk berinvestasi. Apalagi bagi anda yang masih memiliki penghasilan yang belum seberapa. Namun tenang saja, investasi bisa dilakukan oleh siapapun, berapapun penghasilannya. Asalkan dilakukan dengan baik, investasi bisa dimulai dengan modal ratusan ribu. Ada banyak jenis investasi yang bisa dipilih mulai dari Saham, Emas, Property, Deposito, dan lain-lain. Namun, anda perlu memperhatikan keamanan dan kredibilitasnya serta bagaimana keuntungan yang akan anda dapatkan di masa mendatang.

Dalam hal ini, tentu saja anda tidak ingin rugi, dong. Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam berinvestasi tanpa takut salah dan tanpa membuat kantong kebobolan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk berinvestasi serta pemilihan instrumennya yang tepat bagi pemula.

Baca Artikel : 5 Investasi Yang Cocok Bagi Fresh Graduate Yang Baru Gajian

Instrumen Investasi Apa yang Cocok Bagi Pemula?

Dari sekian banyaknya jenis investasi, Reksadana menjadi pilihan yang tepat untuk berinvestasi bagi pemula. Selain modalnya yang murah mulai dari ratusan ribu saja, ada beberapa alasan lainnya mengapa reksa dana menjadi pilihan tepat bagi pemula antara lain :

  • Risiko rendah

Sebagai seorang pemula, tentu saja perlu memperhatikan risikonya, bukan? Reksadana memiliki risiko yang rendah dibandingkan dengan instrumen investasi lain seperti investasi saham langsung. Sebab tidak semua dana yang anda berikan dialokasikan ke satu jenis instrumen, tapi disebar ke beberapa investasi.

Misalnya, Reksadana pendapatan tetap. Mayoritas dananya memang akan dialokasikan ke obligasi milik pemerintah dan juga swasta. Namun sisa dananya kemudian akan dialihkan ke instrumen pasar uang. Jadi Reksadana memiliki pergerakan yang relatif lebih stabil.

  • Ada manajer yang mengelola dana anda

Tenang, dana yang anda keluarkan akan dikelola oleh manajer investasi. Anda tidak perlu repot memantau pergerakan harga setiap saham seperti investasi saham langsung. Dana yang anda keluarkan sudah berada di tangan ahlinya. Anda tidak perlu melakukan apapun lagi.

  • Return lebih besar

Selain risiko yang rendah, Reksadana juga memberikan return atau keuntungan yang lebih besar daripada instrumen lain seperti deposito atau obligasi.

  • Minimum investasi kecil

Untuk memulai investasi Reksadana, anda hanya memerlukan modal yang minim. Bahkan telah disebutkan apabila sebelumnya minimum investasi Reksadana itu sebesar Rp. 50ribu, kini sudah banyak yang menawarkan Reksadana dengan modal Rp. 10ribu saja

Iya, hanya dengan modal puluhan ribu rupiah, anda bisa membuat uang anda terus bertambah hingga jutaan rupiah. Yang penting, anda melakukannya secara konsisten dalam jangka waktu yang panjang

  • Variasi produknya beragam

Reksadana juga menawarkan variasi produk yang beragam yang bisa disesuaikan dengan profil risiko anda. Ada empat jenis Reksadana yang sangat populer antara lain reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham.

Lalu, Apa Tips Bagi Pemula yang Ingin Berinvestasi?

Ada 10 poin penting yang harus diperhatikan para pemula yang ingin mulai berinvestasi dengan Reksadana, antara lain :

  • Profil risiko

Sebagai calon investor, anda harus mengetahui profil risiko terlebih dahulu sebelum memutuskan berinvestasi. Artinya, anda harus mengetahui toleransi atau batasan risiko yang bisa diterima.

Misalnya, apabila anda tidak berani menanggung risiko yang besar, anda bisa pilih Reksadana Pasar Uang, bukan Reksadana saham yang memiliki risiko yang cukup besar.

  • Jangka waktu investasi

Anda juga harus menentukan jangka waktu. Anda melakukannya untuk jangka pendek (di bawah satu tahun), jangka menengah (satu hingga lima tahun), atau jangka panjang (di atas lima tahun). Namun untuk Reksadana pasar uang lebih cocok bagi mereka yang ingin berinvestasi jangka pendek. Sementara untuk jangka menengah bisa memilih reksa dana campuran, dan untuk jangka panjang bisa memilih Reksadana saham.

  • Tujuan investasi

Poin yang paling penting dalam menentukan instrumen yang tepat adalah tujuan berinvestasi. Misalnya untuk kebutuhan masa pensiun, anda bisa memilih investasi jangka panjang. Sedangkan untuk berlibur atau membeli barang impian, anda bisa memilih Reksadana jangka pendek atau jangka menengah.

  • Dana yang dimiliki

Namun sebelumnya, anda perlu memperhatikan dana yang anda miliki. Misalnya, apabila anda ingin berinvestasi dengan mengeluarkan dana sebesar 10 persen dari total penghasilan, anda harus melakukannya secara rutin sebesar 10 persen setiap bulan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Apabila penghasilan anda naik, anda juga harus meningkatkan jumlah dana yang diinvestasikan.

  • Pantau secara berkala

Meskipun sudah dipegang oleh manajer, anda sebaiknya memantau pergerakan investasi anda secara berkala seperti enam bulan atau satu tahun sekali. Mengingat anda telah menetapkan tujuan, anda juga harus mengetahui target anda sudah sampai mana.

Hal ini berguna untuk anda supaya bisa bersiap-siap untuk mencari instrumen lainnya yang bisa kasih keuntungan lebih besar.

Aplikasi Cek Mutasi
  • Mulai sedini mungkin

Yang tidak kalah penting yaitu anda harus melakukannya sedini mungkin. Pasalnya, investasi memberikan keuntungan besar dalam jangka waktu yang panjang. Jadi, semakin lama anda berinvestasi, maka semakin besar pula keuntungan yang akan anda dapatkan.

  • Pelajari investasinya

Selain itu, tentu saja anda perlu mempelajari investasinya. Bukan hanya reksa dana, ada jenis investasi lainnya yang bisa kamu coba. Hal ini berguna supaya anda bisa menekan risiko kerugian. Anda juga sebaiknya mempelajari pasar yang kamu pilih.

Misalnya, ketika anda ingin berinvestasi saham. Anda harus mempelajari tentang fundamental keuangan yang dimiliki oleh perusahaan yang ingin anda beli sahamnya. Salah-salah, anda malah rugi karena terjebak oleh sembarang saham.

Baca Juga Artikel : Mengenal Gaya Hidup Minimalis Dan Manfatnya Bagi Keuangan Kita 

  • Jangan takut untuk rugi

Namun anda juga jangan takut untuk rugi. Meskipun investasi bertujuan untuk meningkatkan nilai uang, masih ada kemungkinannya anda mengalami kerugian. Oleh karena itu, anda harus siap-siap untuk rugi jika suatu hal terjadi. 

Namun anda tidak perlu takut. Anda bisa menjadikan rasa takut sebagai pembelajaran untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengeluarkan modal yang terlalu besar untuk meminimalisir kerugian.

  • Jangan salah pilih jenis reksa dana

Pelajari terlebih dahulu jenis-jenis Reksadana yang ada untuk mencapai tujuan keuangan yang anda inginkan.  Lalu sesuaikan dengan kondisi keuanganj dan profil risikonya. Jangan sampai anda rugi hanya karena salah memilih jenis Reksadana.

  •  Investasi di banyak instrumen 

Anda juga perlu menempatkan modal anda di beberapa instrumen atau jenis investasi. Hal ini berguna ketika terjadi sesuatu yang salah di investasi anda, anda masih memiliki simpanan di instrumen lain. Sekalipun anda sudah yakin bahwa Reksadana menjanjikan keuntungan yang potensial. 

Demikian beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika anda ingin berinvestasi. Namun untuk setiap pengeluaran dananya, jangan lupa untuk selalu cek mutasi rekeningnya. Cek investasi rekening melalui aplikasi Cek Mutasi dari www.mutasikita.com hanya dengan sekali sentuh menggunakan ponsel seluler. Anda bisa mengetahui kondisi keuangan tanpa memakan banyak waktu dan tenaga.

Related Posts

Siapkan Syarat Ini Agar Pengajuan Pinjaman Bank Segera Di Acc

Siapkan Syarat Ini Agar Pengajuan Pinjaman Bank Segera Di Acc – Bank adalah...

Api Cek Mutasi Bank
API Cek Mutasi Bank

API Cek Mutasi Bank di Indonesia – Kemajuan teknologi memberikan banyak kemudahan bagi...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website

Subscribe to Mutasi Kita Update

Dapatkan update terbaru dari Mutasi Kita berupa informasi penting, tips menarik, promo, dan beberapa postingan menarik!