Yuk Kita Rencanakan Keuangan Mulai Umur 20-an

Share:

Yuk Kita Rencanakan Keuangan Mulai Umur 20-an – Banyak orang yang mengatakan di umur 20 tahun banyak yang berubah di hidup kita baik dari segi lingkungan, pertemanan, pemikiran sampai masalah keuangan. Di usia ini kita lebih kreatif dan berfikir bagaimana bisa menghasilkan uang sendiri agar tidak membebani orang tua. Salah satunya cara yang dipilih adalah bekerja. Di usia 20 tahun ini pemikiran juga sudah mulai memandang ke depan, walau belum jelas mau jadi apa namun sudah mulai merintis karir baik melalui jalur formal seperti kuliah ataupun nonformal.

Salah satu yang menjadi pikiran anak usia 20 an adalah managemen keuangan, sudah mulai menata keuangan untuk masa depan. Bagaimana sih cara managemen keuangan untuk usia 20an untuk masa depan?

Mulai Menabung

Menabung bukan hanya kebiasaan yang dilakukan sejak usia 20 tahun saja ya, umumnya kebiasaan menabung sudah dibiasakan sejak belia. Namun ada yang berbeda di usia 20 ini, jika dulu kamu menabung hanya untuk dibelikan barang yang kamu inginkan ataupun untuk dikebiasaan saja. Sekarang menabung untuk dana keamanan masa depan, kamu mulai memikirkan masa depan yang masih abu-abu alangkah baiknya jika mempersiapakan finansial mulai dari sekarang. Tabungan ini bisa digunakan untuk dana darurat keperluan apa saja. Segera tentukan target menabung perhari atau perminggunya ya, agar bisa segera terkumpul untuk dana darurat.

Modal Usaha

Di usia 20 tahun apakah kamu juga sudah terpikirkan tentang membuat usaha? Nah itu hal bagus! Jika kamu sudah memikirkan bisnis maka kamu juga akan memikirkan modal yang akan kamu gunakan. Dengan begitu kamu bisa menabung untuk modal mulai dari sekarang, tabungan modal tentunya berbeda dengan tabungan dana darurat, karena ini sudah jelas di khususnya untuk modal usaha. Tidak perlu menggebu-gebu soal uang modal ini, karena kamu bisa menabungnya perlahan namun terus dilakukan, dengan begini hasilnya akan lebih terlihat.

Mulai Memikirkan Asuransi Kesehatan
Usia 20an secara otomatis kamu akan langsung terpikirkan masalah kesehatan dan ingin memulai mengikuti asuransi kesehatan. Kita tidak pernah tahu bagaimana kesehatan kita ke depannya, memulai hidup sehat saja belum cukup, maka opsi yang lainya adalah mengikuti program asuransi kesehatan. Membayar setiap bulannya tidak masalah yang penting di saat kamu sakit, ada asuransi yang membantu masalah biaya.

Baca : Mengenal Tabungan Deposito Beserta Keuntungan Dan Kerugiannya 

Seperti yang kita tau, bahwa biaya kesehatan tidaklah murah. Bahkan untuk biaya check up saja harus merogoh kantong yang dalam, yuk mulai menjaga diri sekarang dan gunakan asuransi kesehatan agar lebih aman.

Sisihkan untuk Bersedekah

Sedekah juga harus masuk dalam managemen keuanganmu, dengan bersedekah kamu ikut membantu seseorang merasakan kebahagiaan dimana ini juga memberikanmu energi positif. Membantu orang lain dengan bersedekah selain memberikan efek positif kepada mental juga membantumu menumbuhkan rasa simpati kepada orang lain. Ingat apa yang digenggam terlalu kuat juga akan sedikit yang di dapat. Apakah kamu juga biasa menyisihkan sedikit uangmu untuk sedekah di setiap bulannya?

Aplikasi Cek Mutasi

Mulai Atur Kebutuhan

Nah yang paling berat dan rumit adalah memulai untuk mengatur kebutuhan, terkadang dengan sisa uang yang ada kamu langsung menggunakannya dengan santai kemudian akan terasa saat uang akan habis. Mengatur uang bisa membantumu menekan biaya pengeluaran dengan baik, hasilnya uang yang kamu anggarkan untuk satu bulan bisa pas untuk satu bulan atau bahkan sisa. Berbeda dengan tidak melakukan managemen keuangan dengan benar, uang yang kamu miliki akan dengan mudah kamu gunakan tanpa menyaringnya.

Baca : Yuk, Berkenalan Dengan Reksadana, Investasi Mudah Bagi Pemula! 

Mengatur keuangan juga membantu kamu memilah pengeluaran berdasarkan kepentingannya, jika dirasa kurang begitu penting maka bisa kamu tunda pembeliannya yang penting kebutuhan pokok seperti makan dan alat kebersihan bisa terpenuhi terlebih dahulu. Jika kebiasaan ini bisa diterapkan dengan baik maka kamu bisa hidup lebih teratur dan hemat.

Mulai Memikirkan Investasi

Di usia 20an banyak yang sudah bekerja, beberapa orang menabung penghasilan mereka untuk investasi. Investasi memang harus dimulai dari dini agar lebih terbiasa dan mengerti bagaimana peluang invetasi yang tepat. Di umur 20 an investasi bisa dimuai kecil-kecilan. Misalnya membeli logam mulia untuk investasi, harganya pun masih bisa dijangkau anak muda jadi kamu memiliki pegangan untuk hidup di masa depan.

Atur Cicilan

Banyak orang yang kurang setuju dengan cicilan, namun sebagian orang juga tidak bisa membeli barang tanpa kredit terlebih dahulu. Nah untuk mengatasi hal ini lebih baik kamu sesuaikan dengan kemampuanmu, tidak apa-apa kok jika harus kredit dahulu untuk menunjang kebutuhanmu atau kebutuhan untuk bekerja, yang penting adalah kamu bertanggung jawab denga kreditmu setiap bulannya.

Banyak loh anak muda yang mengambil cicilan untuk gadget maupun kendaraan, nah agar kamu tidak lupa membayar cicilan tiap bulannya, kamu harus segera menyisihkan uang untuk membayar cicilan setiap kali habis gajian untuk segera di bayarkan dengan begitu cicilan aman.

Di usia 20 an ini mana yang sudah kamu terapkan? Menabungkah? Atau yang lainya? Yang pasti tetap manage keuangan sebagus mungkin agar hidup lebih efisien jauh dari kata pemborosan, jangan lupa gunakan aplikasi MUTASI KITA untuk mengecek transaksi masuk dan keluar di handphone kamu untuk mengontrol pengeluaran sehingga bisa berhemat sesuai kondisi keuangan kamu! Cek selengkapnya di www.mutasikita.co.id

Related Posts

Sebelum Memutuskan Menggunakan Internet Banking, Simak Kelebihan Beserta Kekurangannya
Sebelum Memutuskan Menggunakan Internet Banking, Simak Kelebihan Beserta Kekurangannya

Sebelum Memutuskan Menggunakan Internet Banking, Simak Kelebihan Beserta Kekurangannya – Hello guys! Kali...

Mudahnya Belanja Online Dengan Digital Banking
Mudahnya Belanja Online Dengan Digital Banking

Mudahnya Belanja Online Dengan Digital Banking – Hai mitra Mutasi Kita, bagaimana kabar...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website

Subscribe to Mutasi Kita Update

Dapatkan update terbaru dari Mutasi Kita berupa informasi penting, tips menarik, promo, dan beberapa postingan menarik!